Windows 7, Apa yang baru dari OS ini ?

Windows 7 (sebelumnya berkodekan Blackcomb atau Vienna) merupakan versi selanjutnya Microsoft Windows yang akan menggantikan Windows Vista.[1] Microsoft mengumumkan bahwa pengembangan Windows 7 akan berjalan dalam tiga tahun. Versi klien dari Windows 7 akan dirilis dalam versi 32-bit dan 64-bit walaupun versi servernya (yang akan menggantikan Windows Server 2008) akan dirilis hanya dalam versi 64-bit.
Windows 7 atau windows seven yang digadang-gadang oleh microsoft itu beberapa waktu yang lalu dipamerkan di Professional Developers Conference sebuah konferensi untuk para developer. Nah, pada even tersebut, windows 7 dipamerkan dan di test kemempauannya. Berikut beberapa point penting dari pengujian tersebut.

Lebih Cepat dan Stabil daripada Vista

Windows 7 ini memiliki performa yang lebih stabil daripada windows vista. Seven juga lebih responsif dan lebih hemat dalam penggunaan baterei. Meskipun belum ada pernyataan resmi mengenai spesifikasi minimum untuk dapat menggunakan windows 7, namun Steve Sinofsky (apanya steve balmer ya..) menyatakan windows 7 hanya membutuhkan alokasi memori minimal 1Gb saja.


Memilih Jaringan Wireless Hanya dengan 1 klik dari system tray

Ini dia salah satu fasilitas yang cukup penting dari windows 7. Langkah yang lebih praktis dalam memilih jaringan wireless. Hayoo ngaku siapa yang selama ini bingung untuk mengkoneksikan laptopnya ke wireless?? Harus masuk control panel lah, masuk ke network connection, dan seterusnya sebelum bisa konek ke jaringan wireless.

Akan ada peringatan jika ada yang berubah dengan komputer anda

Saya pernah mengalami kebingungan saat adik saya yang berumur 7 tahun bermain laptop saya dan menguninstall salah satu program yang biasanya saya pakai. Saya cari-cari kok gak ketemu ya.. Eh, ternyata udah di uninstall.. Nah,, fitur windows 7 yang satu ini mencegah anda mengalami kebingungan dengan masalah seperti saya tadi. System akan melaporkan jika terjadi perubahan terhadap komputer anda. Anda akan mendapatkan peringatan saat system ada yang berubah dan anda juga bisa mensetting tingkat privasi tersebut. Mulai dari “tell me everything” sampai “don’t tell me squad”

Sidebar Hilang, Gadget Beterbangan

Salah satu hal yang membedakan windows vista dengan windows Xp adalah adanya sidebar. Sidebar ini berisi gadget-gadget dan aksesoris untuk komputer anda. Pada windows 7, sidebar ini hilang. Tapi, gadget-gadget tersebut tetap ada, bebas berkeliaran sesuai keinginan anda.

Library Akan Mengumpulkan System dengan Type yang sama

Saya pernah mengalami masalah dengan file saya yang berantakan di My Document. Saya bingung mencari sala satu file tugas kuliah yang harus segera dikumpulkan. Terpaksa saya harus mencarinya di semua folder yang ada di my document. Maklum, saya lupa dimana meletakkannya. Nah, masalah ini rupanya juga dipahami oleh pembuat windows 7. Fitur baru mereka antara lain adanya library yang akan mengorganisasikan dokument anda berdasarkan type. Tidak peduli letaknya dimana. Semua dokument pdf misalnya. sekalipun letaknya di D:/ di my Document, atau di manapun letaknya akan diorganisasikan oleh library widows 7.